Thursday, November 10, 2011

MARKETING DJ <- mdjc njiplak tulisan orang lain.





"Marketing DJ? DJ butuh marketing?? Kerjaan baru yah? apaan tuh sob?"

Mungkin pertanyaan ini yang akan terlintas di benak kita ketika kita berbicara tentang marketing DJ. Apa sih marketing DJ? Dan apa kegunaannya? Well marketing DJ bukanlah suatu bidang pekerjaan dalam DJ, marketing DJ juga bukan suatu genre, tapi marketing DJ adalah suatu keahlian yang sangat diperlukan juga untuk anda yang berprofesi menjadi sebagai peDagang Jamu (DJ).

“Loh, emangnya penting banget yah marketing DJ? Gw kan udah cihuy banget ngeDJ nya.. Orang-orang juga bakalan kenal sama gw dari cara maen gw, Buat apa marketing-marketingan?”

Kalo dilihat dari kata dasarnya Marketing (Pemasaran) Market (Pasar). Jadi Marketing DJ adalah bagaimana cara anda agar bisa dikenal dengan orang-orang disekitar anda dan dicintai oleh teman-teman dan penggemar anda. Marketing DJ adalah bagaimana cara anda menonjolkan semua kelebihan anda dibandingkan dengan DJ-DJ lainnya. Marketing DJ adalah tentang memanfaatkan media promosi dengan baik. Marketing DJ adalah tentang membangun hubungan dan kerjasama yang baik dengan seluruh pelaku industry dance scene di sekitar anda.

Semua DJ membutuhkan kemampuan untuk memasarkan dirinya sendiri agar dapat dikenal dan diakui oleh pecinta EDM. Jika kita ingin melihat bagaimana contoh marketing DJ yang baik, kita harus melihat ke DJ MAGZ yang menjadi No.# 1 DJ 2011, David Guetta. Pria ini akhirnya dapat melengserkan ke-superioran trance dalam 10 tahun terakhir di 100 DJ versi DJ Magz. Bagaimana caranya? Guetta bekerjasama dengan musisi-musisi pop dunia dan membawa EDM ke level yang berbeda. Ya, EDM dengan musik Guetta menjadi lebih “POP”. Terlepas anda suka atau tidak dengan “POP EDM” ini, tapi cara memasarkan karya cipta dengan berkolaborasi dengan musisi pop terbukti sangat disukai dan menjadikan nama Guetta lebih dikenal dan dicintai oleh penggemarnya.

Guetta adalah contoh bagaimana tehnik memasarkan musik dan dirinya kepada pasar dunia. Bagaimana dengan kita yang hanya ada di level nasional? Yang harus kita sadari pertama adalah apa yang akan kita pasarkan? Dalam hal ini, kita akan memasarkan diri kita sendiri. Kalau begitu kuncinya adalah ada pada diri kita sendiri. Sikap kita dalam berprilaku, bertutur kata, dan bekerja. Bersikaplah dengan baik kepada semua orang, baik itu junior, senior, teman, crowd, bartender, waitress, dan bahkan kepada penjual (eh?) minum atau makan di sektiar kita. Karena kekuatan pemasaran yang paling kuat adalah berasal dari lingkungan kita (Mouth by Mouth). Kemudian, yang harus juga kita sadari adalah the power of media / social network. Maksimalkan juga semua media yang dapat membantu anda untuk mengenalkan musik anda kepada dunia luar.

Tentunya, semua ini tidak akan bejalan mulus begitu saja pada awalnya, membutuhkan perjuangan agar anda mempunyai skill yang baik dalam berkomunikasi dan bermarketing untuk diri sendiri.. Namun apabila ternyata anda tidak sampai pada tahap yang dikenal oleh semua orang, jangan khawatir, karena anda sudah menjadi orang yang membanggakan bagi teman-teman di sekeliling anda. //

No comments:

Post a Comment